Kampus Mania pasti sudah mengetahui bahwa kasus Covid-19 belum sepenuhnya berkurang. Namun, ternyata ada bahaya baru yang siap mengintai Indonesia, yaitu penyakit cacar monyet. Kementerian Kesehatan mengumumkan ada satu orang pasien terkonfirmasi cacar monyet (monkeypox) di Indonesia. Juru bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, mengonfirmasi bahwa sudah ada satu orang pasien berusia 27 tahun yang berasal dari Jakarta terkonfirmasi terkena cacar monyet pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Sebelum membahas cacar monyet lebih lanjut, Kampus Mania tau nggak tentang penyakit cacar monyet ini? Jadi, cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi. Virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin. Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani atau memproses hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi. Virus juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

Sumber: hellosehat.com

Cacar monyet ini sangat berbahaya loh, Kampus Mania! Di Afrika, cacar monyet telah terbukti menyebabkan kematian pada 1 dari 10 orang yang terinfeksi. Gejala dari penyakit cacar monyet diantaranya adalah sakit kepala, demam akut, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri otot, sakit punggung, asthenia (kelemahan tubuh), dan lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh). Penyakit cacar monyet ini biasanya berlangsung selama 2-4 minggu.

Gimana nih, Kampus Mania! Ternyata, cacar monyet ini sangat menyeramkan, ya! Maka dari itu, Kampus Mania harus selalu siap siaga, ya! Tindakan preventif yang dapat Kampus Mania lakukan adalah hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi reservoir virus. Selain itu, jika ada orang yang bergejala, segera isolasi dan melakukan tes kesehatan agar bisa tahu penyebabnya. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan agar bisa terhindar dari penyakit-penyakit lainnya,