Hai, Kampus Mania! Apa kabar? Pastinya semangat dong, ya? Kan baru aja selesai liburan nih. Inget-inget tentang liburan, jadi penasaran deh. Kampus Mania liburan kemarin ngapain aja nih? Adakah yang healing dan melepas pusing? Atau malah ada yang berproduktivitas tanpa batas? Pasti beragam banget sih aktivitasnya.
Ngomongin tentang aktivitas liburan, super-duper mustahil kalo kita ga bermedia sosial. Siapa, sih, yang bisa strolling di spot-spot instagrammable selama liburan tanpa update di socmed?
Media sosial ini jadi sumber informasi dan tempat berekspresi kita dalam segala situasi, baik untuk urusan edukasional, profesional, ataupun rekreasional. Hal itu ga cuma berlaku bagi kita, Kampus Mania, tapi juga berlaku bagi orang-orang di generasi sebelum kita nih. Ada Gen-Z, Millennials, Gen-X, dan juga Baby Boomers. Media sosial jadi wadah bagi semua orang dari segala golongan usia. Obviously it’s a good thing, tapi satu hal yang kita semua perlu sadari adalah perilaku tiap generasi dalam menyikapi dan menggunakan media sosial sangat jelas berbeda.
Apa aja sih bedanya?
Sebelum itu, ada baiknya kita tahu dulu gimana pengelompokan generasi berdasarkan tahun lahirnya.
- Baby Boomers : 1946 – 1964
- Generasi X : 1965 – 1979
- Generasi Y / Millennials : 1980 – 1995
- Generasi Z : 1996 dan seterusnya
- Baby Boomers
Sumber : sehatq.com
Dalam angkatan kerja, dapat dikatakan bahwa Baby Boomers merupakan generasi yang paling tua. Generasi ini tidak memiliki akses atau menjadi pengguna media sosial hingga mereka sudah cukup berumur.
Walaupun sudah banyak Baby Boomers yang menjadi pengguna media sosial, mereka masih enggan untuk sering menggunakannya. 82% dari Baby Boomers yang memiliki akses terhadap internet sudah memiliki media sosial.
Kebanyakan media sosial yang mereka gunakan adalah Facebook dan LinkedIn karena penting bagi generasi ini untuk memisahkan antara kehidupan pribadi dan profesional mereka. Mereka juga biasanya hanya memiliki satu akun per media sosial.
Generasi ini menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat dan melakukan riset mengenai info-info yang menarik untuk mereka. Bagi mereka, media sosial adalah salah satu sumber informasi.
Mereka juga merupakan generasi yang paling sering membagikan konten, namun paling jarang melakukan pembelian melalui media sosial.
- Generasi X
Sumber : mommiesdaily.com
Saat ini, Generasi X biasanya adalah mereka yang sedang menikmati buah susah payah mereka di masa lalu dan memegang posisi penting di berbagai bisnis atau perusahaan. Karenanya, kemampuan beli Generasi X merupakan salah satu yang tertinggi.
Pengguna media sosial dari generasi X sebenarnya lebih sering mengakses media sosial dibandingkan dengan generasi Millenial, mengejutkan bukan?
Generasi X sebenarnya dapat menerima media sosial dengan relatif cepat. Bedanya, mereka tidak terlalu suka untuk mengunggah konten layaknya Generasi Milenial. Kebanyakan dari mereka menggunakan media sosial hanya untuk berhubungan dengan teman-teman mereka atau mencari berbagai informasi.
Generasi X lebih mungkin untuk melakukan pembelian dari media sosial, namun mereka harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu dan cenderung membuat banyak pertimbangan. Media sosial yang paling sering mereka gunakan adalah Facebook.
- Generasi Milenial
Sumber : Ilustrasi generasi Z.(tirachardz/ Freepik)
Generasi Milenial adalah generasi pertama yang memanfaatkan media sosial sebagai cara utama mereka berkomunikasi. Mereka sudah familier dan terbiasa menggunakan media sosial sejak mereka masih bersekolah.
Karena mereka sudah menjadi pengguna media sosial dari dini, Generasi Milenial melihat media sosial sebagai hal yang tidak dapat terpisahkan dari hidup mereka. Baik dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi mereka.
Instagram dan Facebook adalah dua media sosial yang paling digemari oleh generasi ini. Milenial juga tak jarang mengakses lebih dari satu media sosial dalam satu hari.
Generasi ini sangat mudah terpengaruhi oleh apa yang mereka lihat di platform-platform media sosial. 72% dari Milenial mengaku telah membeli barang fashion karena terpengaruh konten yang mereka lihat di media sosial. 84% Milenial menyatakan bahwa mereka membeli barang dari user generated content.
Milenial juga lebih percaya terhadap influencer dari pada iklan tradisional dibandingkan generasi sebelumnya. Milennial merupakan pengguna media sosial yang kerap mencari validasi dan percaya akan advokasi orang disekitar mereka.
- Generasi Z
Sumber : Gen Z is changing up previous conceptions about social media.Getty Images
Generasi Z adalah generasi yang mungkin tidak ingat bagaimana dunia sebelum media sosial ada.
Generasi ini menganggap media sosial sebagai sumber utama hiburan mereka. Contohnya, mungkin kebanyakan Generasi Z lebih memilih untuk menonton TikTok atau YouTube dibandingkan dengan menonton televisi. 44% dari Generasi Z bahkan mengaku bahwa mereka mengunjungi akun media sosial mereka setidaknya satu jam sekali.
Gen Z juga tidak terlalu suka membagikan kehidupan pribadi mereka mereka di media sosial dibanding Millenial, mereka lebih menyukai konten yang to the point dan memiliki batas waktu seperti Instagram Stories atau Snapchat.
YouTube merupakan media sosial yang paling sering dikonsumsi oleh Generasi Z. 95% dari Gen Z menyatakan kalau mereka menonton YouTube dan 50% mengaku bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa Youtube.
Generasi Z lebih senang menggunakan media sosial untuk mendapatkan hiburan dan mengisi waktu luang mereka, bukan halnya untuk bersosialisasi. Generasi ini sangat tertarik pada visual dan memiliki rentang perhatian yang cukup rendah, yaitu 8 detik per konten media sosial.
Jadi udah jelas kan, Kampus Mania? Pernyataan yang bilang bahwa orang tua paling suka belanja online adalah sebuah fakta. Hal itu terjadi sebab orang tua, yang mana mayoritas adalah bagian dari generasi X, lagi banyak-banyaknya kebutuhan. Bukan cuma buat mereka sendiri, tapi juga buat keluarga dong pastinya.
Menarik banget, ya, faktanya? Nah, kalau Kampus Mania mau tahu lebih banyak fakta-fakta unik tentang perbedaan karakteristik tiap generasi dalam menggunakan media sosial, yuk, jangan lupa dengerin CHECKMED, setiap hari Rabu, pukul 18.30 WIB, hanya di website 8ehradioitb.id!
Referensi : https://www.krona.co.id/pengguna-media-sosial/
Ditulis oleh Nicolaas Heru Dreandachrista – 30 Januari 2023