Ditulis pada tanggal 8 April 2021 oleh Ajeng Shalsyabilla

Dikala sulitnya mencari pekerjaan pada masa pandemi, UI Women in Business memberi pencerahan dengan membagikan informasi dan peluang yang menarik terkait dunia kerja melalui acara Weekend Career Expo 2021. Diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 2-4 April 2021, acara ini dilaksanakan secara virtual melalui platform zoom dan dihadiri oleh berbagai narasumber yang berpengalaman di bidangnya. WCE 2021 juga menggandeng lebih dari 30 perusahaan dengan berbagai bidang kerja sebagai company partner pada acara tahun ini.

 

WCE 2021 hadir dalam empat rangkaian acara, yaitu Career Talks, Career Workshops, Career Consulting, dan Job Expo yang bekerja sama dengan belasan perusahaan. Career Talks merupakan wadah diskusi untuk mengeksplorasi cara menjadi pelamar kerja yang kompetitif di dunia profesional. Career Talks ini dibagi menjadi tiga sesi dengan topik bahasan mencakup networking, CV dan interview, serta personal branding yang tentunya sangat membantu para job hunter terutama fresh graduate. Berkolaborasi dengan berbagai perusahaan, WCE juga menyediakan kelas-kelas pelatihan melalui rangkaian Career Workshops. Career Workshops ini berfungsi sebagai suplemen bagi peserta kegiatan untuk bisa lebih memahami skills yang relevan di berbagai bidang pekerjaan. Disediakan pula Career Consulting yang berisi sesi konsultasi dan mentorship yang dipandu oleh mentor dan spesialis di dunia kerja. Disamping itu, pada website resmi WCE 2021 tersedia pula Job Expo yang berisi informasi-informasi terkait peluang karier dari belasan company partner yang tergabung di WCE 2021.

 

Menjadi pembuka acara WCE 2021, ketiga sesi Career Talks diselenggarakan pada hari Jumat (2/4) mulai dari pukul 9.30 sampai 14.00 WIB. Kali ini, tim reporter 8EH Radio ITB berkesempatan mengikuti sesi kedua dari Career Talks yang mengangkat topik “CV & Interview: What It Takes to Make Yourself Memorable”.  Sesi diskusi ini menghadirkan tiga narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Kak Rastrianez selaku co-founder Talk to Coach, Kak Indra Widiantara selaku young talent program manager di L’Oreal Indonesia, dan Kak Nadia Selo Adji selaku talent acquisition di Bank BTPN.

 

Sesi diskusi dimulai oleh materi pertama dengan subtopik Understanding Recruitment yang dibawakan oleh Kak Anez. Pada sesi ini, Kak Anez sharing tentang betapa singkatnya waktu yang dimiliki recruiter untuk menilai dan betapa banyaknya profil dan CV kandidat yang  harus diseleksi, maka dari itu seorang pelamar harus memiliki nilai lebih agar bisa menonjol dibanding pelamar lainnya. Recruiter akan mencari kandidat yang paling cocok. Cocok disini mencakup tiga hal, yaitu cocok dengan peran pekerjaannya, cocok dengan bidang perusahaan, dan juga cocok dengan culture lingkungan kerja yang akan dimasuki. Untuk menjadi kandidat yang berkualitas, pelamar harus memahami kompetensi yang dimiliki, pekerjaan yang ingin didapatkan, serta kontribusi apa yang bisa diberikan sehingga dapat menjadi kandidat yang paling tepat untuk mengisi posisi tersebut. Pada intinya, agar bisa dipertimbangkan oleh recruiter, kandidat harus bisa menyampaikan bahwa ia cocok untuk mengisi posisi tersebut melalui CV dan interview yang dijalani. Pada akhir pemaparannya, Kak Anez menegaskan untuk tidak insecure jika tidak mendapat panggilan kerja, terkadang bukan karena kompetensinya yang kurang, tapi mungkin ada kandidat yang lebih cocok mengisi posisi tersebut.

 

Masuk ke subtopik selanjutnya, yaitu CV Writing yang dipaparkan oleh kak Indra. Kak Indra memulai materinya dengan menjelaskan perbedaan CV dan resume, dilanjut dengan hal-hal penting yang harus ditulis di dalam CV. Ketika mendeskripsikan pengalaman dan kemampuan, kandidat perlu memberikan penjelasan yang konkret tentang perannya di dalam pekerjaan atau kegiatan tersebut, jangan hanya sekadar deskripsi umum saja. Sebagai poin tambahan, gunakan pula kreativitas untuk membuat sesuatu yang unik dan menarik perhatian recruiter. Di samping itu, usahakan untuk membuat CV yang tidak bertele-tele atau singkat dan mudah dibaca baik dari segi desain dan gaya bahasa. Pada pemaparan kali ini kak Indra menekankan bahwa dalam membuat CV, kesesuaian konteks sangat penting untuk diperhatikan, hanya cantumkan pengalaman dan skills yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Jika mendaftar untuk posisi yang berbeda, kita perlu membuat CV yang berbeda pula, alias one CV for one position.

 

Pemaparan subtopik terakhir dibawakan oleh Kak Nadia yang menjelaskan seputar Job Interview  serta tips and trick-nya. Sebelum interview, Kak Nadia sangat menyarankan untuk melakukan riset terkait bidang pekerjaan, perusahaan, dan juga role dari posisi yang dilamar agar kandidat terlihat antusias dan well-prepared. Penting juga untuk menceritakan detail dari pengalaman yang relevan, ini merupakan kesempatan untuk memaparkan hal yang sudah tercantum di CV secara lebih leluasa. Namun, walaupun kita perlu menjual kemampuan dan skill yang dimiliki, berkata jujur sangatlah penting karena terkadang recruiter bisa tahu jika kandidatnya berbohong. Kak Nadia juga menekankan bahwa interview bukan hanya sekadar momen bagi perusahaan untuk mengetahui kandidatnya lebih jauh, tetapi itu juga menjadi kesempatan bagi kandidat untuk mengetahui perusahaan tersebut lebih baik. Maka, tidak apa jika memanfaatkan momen ini untuk bertanya sewajarnya terkait posisi, perusahaan, dan juga proses perekrutan yang berlangsung.

 

Sebagai pelengkap, sesi diskusi ini juga memberikan kesempatan kepada peserta kegiatan untuk bertanya melalui platform Sli.do yang kemudian dijawab oleh ketiga narasumber. Setelah sesi tanya jawab selesai, dilakukan pemberian piagam penghargaan dari pihak penyelenggara kegiatan kepada narasumber dan dilanjut dengan sesi foto bersama.  Setelah berjalan selama 1,5 jam, sekitar pukul 12 siang, sesi kedua dari Career Talks usai. Sesuai judul dari diskusi, sesi Career Talks ini memberikan berbagai tips yang aplikatif agar peserta kegiatan bisa menjadi kandidat yang stand out. Melalui Career Talks Session 2, Weekend Career Expo 2021 berhasil memberikan banyak wawasan dan gambaran terkait proses rekrutmen kerja, terutama dari sudut pandang job recruiter.

Nah, gimana nih Kampus Mania, apakah kamu sudah mempercantik CV dan mempersiapkan diri untuk apply pekerjaan dan internship? Kalau belum, coba deh gunakan tips-tips di atas. Siapa tahu, kamu bisa stand out di mata job recruiter. Selamat mencoba dan semangat terus, Kampus Mania!